13 Juli 2009

[Komputer] Memilih Monitor LCD



Apa saja yang harus diperhatikan pada saat akan membeli monitor LCD?

  1. Aspect Ratio-Standar proposi lebar-tinggi monitor komputer adalah 4:3, tapi format yang lebih lebar sekarang sudah dapat dijumpai, seperti 16:9 atau 16:10. Format monitor yang lebih lebar ini dapat membantu pekerjaan yang berhubungan dengan data dan angka. Juga ideal untuk pekerjaan membuat dan mengedit video.
  2. Viewing Angle-Monitor LCD memiliki sudut pandang (viewing angle) yang lebih kecil. Melihat monitor dari sudut pandang tertentu, atau menggeser monitor, dapat menyebabkan perubahan yang signifikan pada brightness, contrast bahkan warna.
  3. Response Time-Fitur ini merujuk pada waktu yang dibutuhkan sebuah piksel untuk berubah dari putih ke hitam atau sebaliknya. Semakin kecil? nilai response time, semakin baik kualitas monitor tersebut. Dulu response time monitor LCD dianggap kurang baik karena hanya 16ms (milliseconds) sehingga tidak dapat menampilkan gambar ?yg bergerak cepat. Tapi sekarang sudah banyak monitor LCD yang memiliki response time 2ms. Untuk keperluan kantor dengan menggunakan kecepatan respon 16 ~ 25 ms sudah memadai. Untuk seorang gamers menggunakan kecepatan respon dibawah 12 ms mungkin akan mendapatkan gambar yang menakjubkan.
  4. Contrast Ratio-Yaitu perbandingan brightness pada posisi paling putih dan paling hitam. Nilai contrast ratio yang besar menujukkan kemampuan monitor tersebut untuk menampilkan detail dan warna gambar yang berkualitas.
  5. Koneksitas-Monitor LCD adalah perangkat digital sehingga sinyal analog (VGA) harus dikonversi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Saat ini layar lcd monitor pada umumnya menggunakan port analog (VGA) atau digital (DVI) atau hybrid (gabungan dari analog dan digital). Jika anda memilih untuk membeli yang DVI, pastikan bahwa video card juga mendukung port DVI. Secara umum video card keluaran terbaru sudah mendukung DVI atau hybrid. DVI port memberikan kemampuan yang lebih baik dari pada port VGA, baik itu kualitas dan stabilitas gambar atau akurasi warna. Port VGA sangat dipengaruhi oleh interferensi medan magnet di sekitar kable monitor. Saya merekomendasikan untuk membeli monitor dengan port DVI daripada hybrid atau analog. Dengan port DVI anda tidak akan mendapatkan warna sesuai aslinya.
  6. Resolusi-Monitor LCD memiliki resolusi standar (native resolution) 1024×768. Tapi untuk mendapatkan gambar tajam berkualitas, sebaiknya Anda tetap menggunakan resolusi asli atau standar tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar